Mengatasi Siswa

3 Cara Mengatasi Siswa Sering Terlambat Masuk Kelas

Pelajaran sudah berlangsung selama lima menit, tiba-tiba pintu diketuk dan anda menemukan seorang siswa masih membawa tas ranselnya sambil berkata "Maaf, saya telambat, Pak"...lagi dan lagi pada peserta yang sama. Sebenarnya ada masalah apa dengan siswa yang satu ini? Kenapa dia selalu datang terlambat? Namun, sebelum memvonisnya ada beberapa hal yang harus diketahui anda mengenai masalah sejenis ini.
Mengatasi Siswa Sering Terlambat Masuk Kelas
Ilustrasi Siswa Sering Terlambat Masuk Kelas

Beberapa Hal Perlu Diketahui Guru Tetang Siswa Sering Terlambat Masuk Kelas

Kontol kelas memegang perasanan sangat penting. Salah satu instrument dari kontrol kelas adalah bahaimana anda menggunakan aturan yang disepakati bersama dengan peserta didik. Aturan tersebut tentunya memiliki spesifikasi perbedaan dengan aturan sekolah pada umumnya. Kami biasanya membuat aturan kelas pada awal pelajaran berlangsung atau setelah kenaikan kelas pada kelas baru atau sehabis perkenalan. Kami menginstruksikan para peserta didik untuk menuliskan aturan tersebut di buku. Berikut adalah contoh aturan kelas yang harus ditulis dan dipahami oleh siswa anda.

7 Peraturan yang Harus Dibuat Oleh Guru Kelas

Saya bertanda tangan di bawah ini siap melaksanakan tata tertib mata diklat... (bla bla bla). Adapun aturannya adalah sebagai berikut :

  1. Datang tepat waktu
  2. Menyampaikan gagasand engan sopan
  3. Kelas harus bersih
  4. Tidak boleh gaduh
  5. Apabila guru belum hadir, ketua kelas harus menjemput guru ke kantor atau menanyakan kepada guru piket
  6. Jika guru tidak hadir dan ada tugas, pintu harus ditutup, siswa tidak boleh berkeliaran di luar kelas
  7. Tidak boleh melakukan pelanggaran lain sesuai dengan aturan yang berlaku.
Setelah membuat tujuah peraturan seperti yang telah dituliskan di atas, namun masih tetap sering ditemukan siswa terlambat masuk maka silahkan lakukan beberapa saran dari kami!

Lakukan 3 Cara mengatasi Siswa Sering Terlambat Masuk Kelas Ini

Menyadari bahwa tidak semua keterlambatan yang dilakukan siswa adalah buruk. Kausus ini juga bisa menjadi sarana anda sebagai guru mengenal lebih jauh para peserta didik di setiap kelas. Sebagai antisipasinya lakukanlah 3 hal berikut ini :
  1. Catatlah semua peristiwa yang terjadi. Apakah anda menemukan keterlambatan itu terjadi pada siswa yang sama atau berbeda? Tentu saja temuan ini akan memiliki jenis penaganan yang berbeda.
  2. Ketegasan anda dalam menegakkan peraturan sangat penting. Jika sekali saja anda lengah tidak menegakkan aturan yang sudah disepakati, siswa anda akan "tertantang" untuk melanggarnya lagi.
  3. Panggil orangtuanya apabila keterlambatannya lebih dari tiga kali. Jika anda bukan wali kelas, maka bisa menyampaikan masalah kepada wali kelas agar diproses lebih lanjut.
Semua tindakan tersebut akan jauh lebih optimal apabila digabungkan dengan beberapa antisipasi yang telah disampaikan pada informasi mengatasi siswa sebelumnya, diantaranya yaitu :

Cari Artikel...

Entri Populer