Mengatasi Siswa

Mengatasi Siswa Yang Pacaran di Kelas

Pacaran di kalangan peserta didik (terutama yang duduk di jenjang SMP dan SMA) bisa dikatakan sebagai sebuah hal yang lumrah saat ini. Pihak sekolah diharapkan bisa mengatasi permasalahan ini, terutama yang berpacaran di kelas.

Siswa yang pacaran di kelas tentunya akan "mengundang" beragam reaksi dari teman-temannya. Dan sebagai guru, anda harus tetap bisa mencegah hal-hal yang tidak diharapkan dari kondisi seperti ini, salah satunya dengan mempersiapkan sebuah/beberapa cara yang tepat untuk mengatasinya.
Mengatasi Siswa Yang Pacaran di Kelas
Ilustrasi Siswa Pacaran di Kelas
Kenapa siswa yang berpacaran di kelas harus diatasi serta dicari solusinya? Sebab selain bukan sebuah hal yang pantas dilakukan oleh pelajar, pacaran di kelas juga bisa diartikan sebagai sebuah kondisi yang bisa menyebabkan permasalahan lainnya, misalnya membuat para siswa menjadi malas sehingga pada akhirnya akan menjadikan siswa/siswi tersebut sering bolos sekolah serta tidak akan mengabaikan kehadiran guru.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi siswa yang pacaran di kelas :

1. Berlakukan Larangan dan Sanksi Terhadap Siswa Yang Pacaran di Kelas

Untuk menjaga suasana belajar-mengajar yang kondusif di kelas karena pengaruh siswa yang pacaran, maka pihak sekolah disarankan untuk memberlakukan larangan dan sanksi terhadap peserta didik sehingga mereka akan berpikir beberapa kali sebelum melakukan pelanggaran terhadap larangan tersebut.

Pemberlakukan sanksi dan larangan itu ditujukan tidak hanya kepada mereka yang sedang berparan, namun kepada seluruh peserta didik yang ada di sekolah. Tujuannya sudah jelas, yakni supaya bisa "mengerem" niat dan keinginan yang terkontrol yang sangat mungkin terjadi di kelas.

2. Berikan Perhatian Lebih Kepada Siswa Yang Pacaran di Kelas

Peran pro aktif guru sebagai tenaga pengajar salah satunya adalah memberikan perhatian berlebih kepada siswa yang melakukan beberapa penyimpangan, baik itu penyimpangan kecil maupun besar.

Dengan adanya perhatian tersebut, maka siswa (yang berpacaran di kelas) relatif akan bisa mengendalikan diri, sehingga suasana di kelas akan terjaga kondusifitasnya.

3. Tanamkan Rasa Malu Dalam Diri Seluruh Peserta Didik

Untuk mengatasi peserta didik yang berpacaran dan menimbulkan masalah di kelas, seorang guru bisa mencoba meminimalisirnya dengan memberikan contoh untuk meningkatkan rasa malu dalam diri setiap siswa.

Tindakan seperti ini diharapkan akan mampu meningkatkan kesadaran diri dan perasaan malu, sehingga para siswa (terutama yang sering bermesraan di kelas) bisa memahami bahwa tindakan mereka akan merugikan teman-temannya yang lain.

4. Libatkan Orang Tua

Untuk membantu memperkuat usaha yang anda lakukan, kami menyarankan anda untuk melibatkan orang tua siswa dalam menangani permasalahan siswa yang berpacaran di kelas.

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya mengenai cara mengatasi siswa bandel, tindakan siswa yang berpacaran di kelas bisa jadi merupakan salah satu bentuk kenakalan yang harus dikendalikan dan di antisipasi.

Maka dari itu akan sangat bijaksana jika pihak sekolah tetap mengikutsertakan orang tua supaya bisa tetap memainkan peran positif demi tercapainya kesuksesan anak mereka di masa depan.

Itulah pembahasan dari kami mengenai cara mengatasi siswa yang pacaran di kelas. Informasi dalam artikel ini masih akan diperjelas di kesempatan berikutnya mengingat poin-poin yang sudah dijelaskan di atas baru sebagian kecil dan belum cukup untuk membantu anda untuk memahaminya. Oleh karena itu jangan lupa untuk terus mengunjungi blog kami di sela-sela waktu luang anda.

Cari Artikel...

Entri Populer